Beranda » Teknologi » Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Luna X Pro

Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Luna X Pro

Rootsmanuva – Pasar ponsel murah di Tanah Air masih dikuasai oleh provider anggota BBK seperti OPPO, Realme dan Vivo. Tapi itu tidak mendorong Luna, sub-merek Evercoss, untuk menyerah. Ya, brand lokal ini memang patut kita dukung setelah meluncurkan smartphone terbarunya yang berteknologi tinggi bernama Luna X Pro yang dibanderol dengan harga sekitar Rp 1.449.000,- saja.

Ponsel ini diluncurkan sebagai jawaban bagi masyarakat yang membutuhkan ponsel dengan harga terjangkau namun masih lebih dari cukup untuk kebutuhan sehari-hari seperti chatting atau meeting online. Daripada penasaran, lebih baik simak kelebihan dan kekurangan Luna X Pro berikut ini.

Manfaat Luna X Pro

Kini saatnya Anda menilai apakah Luna X Pro bisa mengungguli beberapa ponsel lain di kisaran harga yang sama, mengingat beberapa keunggulan di bawah ini.

1. Dilengkapi dengan RAM besar

Bagi Anda yang menginginkan ponsel berkemampuan RAM, opsi entry level cukup terbatas. Biasanya dibanderol dengan harga Rp 1 jutaan, RAM yang bisa didapatkan hanya berkisar antara 2GB hingga 3GB. Nah, disinilah keunggulan Luna X Pro dengan RAM 4GB.

Ternyata, Anda tidak perlu merogoh kocek 2 juta rupiah untuk mendapatkan ponsel murah dengan RAM 4 GB. Dengan cara ini, Anda dapat menggunakan ponsel Anda lebih lancar dan lebih lancar, terutama ketika Anda membuka beberapa aplikasi secara bersamaan.

2.Memiliki fungsi buka kunci cepat wajah yang menonjol

Meski tergolong ponsel murah, Luna X Pro tak lupa dibekali fitur unlocking yang benar-benar unggul di kelasnya, yakni Face Unlock. Karakteristik ini dapat dianggap sebagai pemanis untuk HP yang dinilai satu setengah juta.

Pasalnya, kemampuan Face Unlock cukup cepat dan bukan hanya gimmick saja. Ini jelas merupakan fitur buka kunci layar yang lebih unggul daripada memasukkan PIN atau pola.

3. Kapasitas baterai besar

Hal ini dikarenakan ponsel perlu hadir dengan kapasitas yang besar agar pengguna tidak perlu repot membawa charger, seperti halnya Luna X Pro yang telah diunggulkan dengan baterai yang cukup awet di kelasnya.

Ya, Anda dapat menghabiskan berjam-jam menonton YouTube atau Netflix, karena Luna X Pro menawarkan kapasitas 4100mAh. Meskipun tidak dilengkapi dengan pengisian cepat, setidaknya kapasitas itu cukup besar untuk pasar HP kelas bawah.

Kekurangan Luna X Pro

Sebagai ponsel murah, tentunya ada beberapa hal yang membuat Luna X Pro agak lumayan dari segi fitur. Apa kekurangan dari ponsel ini? Yuk, simak kekurangannya di bawah ini!

1. Hybrid SIM Slot

Salah satu kekurangan dari ponsel ini adalah media penyimpanan internalnya yang cukup kecil yakni 32 GB, untungnya pengguna masih bisa memperluas kapasitas ini dengan bantuan microSD.

Hanya saja, Anda harus mengorbankan kartu SIM kedua jika ingin menyematkan memori eksternal. Ya, ponsel ini tidak menyediakan slot 3 kartu yang biasa ditemukan di sebagian besar ponsel entry level, yang membuat Luna X Pro kurang menarik untuk dipertimbangkan.

2. Tidak cocok untuk game

Berpikir untuk bermain PUBG Mobile dengan Luna X Pro? Mungkin sebaiknya jangan lakukan ini, karena chipset MediaTek Helio P22 dengan konfigurasi octa-core 1.8GHz built-in kurang mampu menangani game-game berat.

Sebenarnya penggunaan Helio P22 cukup standar untuk industri ponsel murah, namun nyatanya masih ada ponsel di bawah Rp 2 juta yang bisa menawarkan performa lebih lumayan. Misalnya ada Redmi 9A yang dibekali dengan Helio G25 yang merupakan chipset khusus untuk gaming. Ada juga Redmi 9C di bawah Rp 1,5 juta yang dihadirkan oleh Helio G35.

3. Tanpa sensor sidik jari

Luna X Pro memperkenalkan Face Unlock sebagai metode yang nyaman untuk membuka kunci layar. Namun sayang, ponsel budget ini tidak dilengkapi dengan dukungan sensor sidik jari. Alhasil, pada bagian belakang terlihat lebih bersih tanpa terlihat adanya sensor.

Bagi pengguna yang sudah terbiasa dengan sensor sidik jari, ini bisa sedikit mengganggu. Padahal, ada sekitar 1 jutaan ponsel yang sudah memiliki sensor ini, seperti Infinix Smart 5 misalnya. Tapi itu kembali ke pengguna, karena setidaknya Luna X Pro tidak setua itu karena masih menawarkan Face Unlock.

Sumber : Berita Teknologi Terbaru

rootsmanuva

Kembali ke atas