Beranda » Tumbuhan » Cara Kawin Silang Mawar Yang Benar

Cara Kawin Silang Mawar Yang Benar

Rootsmanuva – Mawar adalah bunga yang paling terkenal karena warnanya yang indah dan baunya yang khas. Banyak pecinta bunga mawar yang siap merogoh kocek untuk mendapatkan bunga mawar jenis baru dengan warna yang unik dan tampil beda dari bunga mawar lainnya. Bahkan, dengan memasangkannya, Anda hanya bisa mendapatkan satu warna seperti ini. Nah, kali ini penulis akan membagikan informasi tentang cara mudah menyilangkan bunga mawar.

Kami hanya membutuhkan beberapa alat berkebun sederhana, seperti gunting dan pisau, dan sebenarnya, dua mawar akan saling bersilangan. Proses persilangan tanaman ini telah dikembangkan dan juga diterapkan sejak diperolehnya kombinasi sifat-sifat unggul dari kedua tetua. Jenis tanaman persilangan ini harus merupakan tanaman sejenis atau bahkan satu famili. Tidak ada cara untuk menggabungkan mawar dan bugenvil atau nangka dll.

Teknik persilangan tanaman yang paling populer, terutama bunga mawar, adalah teknik penempelan atau okulasi. Seperti yang kami katakan, menyelesaikan prosesnya tidak sesulit yang kami bayangkan. Perawatan yang hati-hati dan sabar adalah kunci keberhasilan proses persilangan mawar. Langsung saja kita bahas topiknya, simak langkah-langkahnya Papan Bunga Makassar berikut ini:

Bagaimana cara menyilangkan mawar?

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan selama proses ini adalah menyiapkan alat dan bahan yang akan kita tampilkan. Berikut alat dan bahannya :

1. Alat, alatnya adalah pisau dan gunting
2. Bahan, bahannya dua bunga mawar yang berbeda warna dan jenisnya plastik transparan transparen

Kemudian perhatikan, bersihkan/sterilkan peralatan dan bahan sebelum digunakan.

Langkah – langkah :

1. Anda memilih mawar yang akan disilangkan, sarannya pilihlah batang bunga yang cukup tua dan batangnya bertanda kayu dan berduri besar serta berwarna hitam/coklat. Untuk mempermudah pembahasan, kami akan memberikan contoh proses persilangan mawar putih dan mawar merah. Dalam prosesnya, akan menghasilkan mawar merah muda atau pink. Berkreasilah sendiri dengan memilih warna bunga mawar yang Anda inginkan.
2. Langkah selanjutnya adalah memotong batang bunga mawar. Kali ini kita akan memilih bunga mawar untuk menjadi tanaman induk yang ditanam di tanah, kita akan memotong batang bunga mawar dengan posisi tegak.
3. Bagilah bunga mawar merah dengan panjang sekitar 1,5 sampai 3 cm, tergantung diameter batangnya. Buang beberapa daun yang ada, lalu sisakan hanya 2-3 daun yang dekat dengan batang.
4. Kita beralih ke mawar kedua, mawar putih. Potong batang dengan ujung yang tajam. Tunjukkan bahwa batang mawar putih lebih kecil dari pada mawar yang telah terbelah.
5. Dengan lembut dan hati-hati masukkan batang mawar putih ke dalam batang mawar merah. Usahakan untuk tidak merusak atau mematahkan batangnya.
6. Bungkus kedua batang dengan plastik bening, lalu ikat dengan benang/benang rafia. Tujuan pengemasan adalah untuk mencegah terjadinya kelebihan air pada batang bunga sehingga terjadi penguapan yang berlebihan dan menjauhkannya dari kulit batang.

Langkah penyeberangan selesai, jadi Anda menunggu untuk melihat apakah proses yang telah kita lakukan berhasil. Tanda yang bisa kita lihat jika proses persilangan berhasil adalah batang mawar yang disilangkan masih terlihat segar dan tidak mengkerut atau layu. Fase observasi berlangsung dari 2 hingga 4 minggu.

Tips menyilangkan mawar agar sukses

Untuk memastikan keberhasilan proses penyeberangan ini, perhatikan tips yang kami bagikan di bawah ini.

1. Lakukan proses persilangan mawar di tempat teduh/hindari sinar matahari langsung. Sarannya adalah menyilangkan tanaman pada sore atau pagi hari.
2. Batang mawar yang sudah dipotong/dibelah sebisa mungkin segera digabung agar batang yang terluka tidak terkena udara terbuka dalam waktu yang lama.
3. Sekali lagi, alat dan bahan yang digunakan dalam proses ini harus bersih dan disterilkan, rendam peralatan dalam air panas, karena dapat merusak peralatan yang tidak steril dan menyerang batang dengan berbagai parasit dan penyakit.
4. Jangan terburu-buru untuk memindahkan pabrik yang berada pada tahap unifikasi yang belum selesai. Karena jika batang mawar yang kita silang goyang, berisiko gagal dalam proses persilangan.
5. Setelah Anda benar-benar yakin, kedua batang akan menyatu dengan baik, sehingga Anda bisa merawatnya. Berikan penyiraman dan pemupukan yang cukup untuk menjaga nutrisi bunga baru Anda.
6. Bunga mawar merupakan bunga yang diidam-idamkan banyak orang, terutama kaum hawa. Bunganya banyak warna dan baunya khas. Bunga ini juga menjadi lambang atau lambang perasaan seseorang yang sedang jatuh cinta atau sayang kepada seseorang.

Sumber: Florist Makassar

rootsmanuva

Kembali ke atas